~These terms and conditions for rent as stated below create a contract (the “Agreement”) between client as the rentee (hereinafter referred to as “Client”) and NOMA® as the rentor (hereinafter referred to as “NOMA”). Please read the Agreement carefully. By renting, Client agrees to the terms and conditions as described in this Agreement. Perjanjian Sewa ini dibuat antara klien sebagai pihak yang menggunakan jasa penyewaan aksesoris dan perhiasan NOMA® (selanjutnya disebut sebagai “Klien”) dan NOMA® sebagai pihak yang menyediakan jasa sewa aksesoris dan perhiasan (selanjutnya disebut sebagai “NOMA”). Mohon membaca Perjanjian Sewa dengan saksama. Dengan menyewa, Klien menyetujui syarat dan ketentuan sebagaimana tertulis dalam Perjanjian Sewa ini.

BOOKING POLICY / KETENTUAN PEMESANAN
  1. Client is required to completely fill in ‘Customer Data for Rent’ form to book rental item(s). NOMA reserves the right to withhold Client’s item(s) even if full payment has been made if the ‘Customer Data for Rent’ form is not fully completed. If client refuses to complete ‘Customer Data for Rent’ then client is to pay deposit in the amount of the difference between purchase and rental price. The deposit will be refunded after the Client returns the rental item(s) to NOMA and NOMA has confirmed that the item(s) are in good condition. Klien harus melengkapi formulir ‘Customer Data for Rent’ untuk menyewa. NOMA berhak menahan barang yang sudah disewa meskipun sudah dibayar penuh apabila Klien belum melengkapi formulir ‘Customer Data for Rent’. Apabila Klien tidak bersedia mengisi data lengkap untuk penyewaan, maka Klien wajib membayar deposit sejumlah selisih antara harga beli dan sewa. Uang deposit akan dikembalikan setelah Klien mengembalikan barang sewaan ke NOMA dan NOMA telah mengkonfirmasi bahwa barang sewaan tersebut dalam kondisi baik.
  2. Down payment 50% of the total rental price is required to secure booking. NOMA reserves the right to cancel client’s booking if down payment is not received within 24 hours after invoice is sent. Untuk mengonfirmasi pemesanan, Klien wajib membayarkan uang muka sebesar 50% dari total harga sewa. Pihak NOMA berhak membatalkan pesanan apabila uang muka belum diterima dalam waktu maksimal 24 jam setelah tagihan dikirimkan.
  3. Client can only book 1 (one) item per down payment. NOMA cannot hold more than 1 (one) item per down payment. Klien hanya berhak memesan 1 (satu) barang per uang muka. NOMA tidak dapat menyimpan lebih dari 1 (satu) barang per uang muka.
  4. Under special circumstances in which the item(s) that the client has purchased is (are) not available on the event date, the client is entitled to borrow and wear the displayed stock of the same item(s) on the above date, and then exchange it (them) with the new stock(s) once available with the following conditions:
      • – Written agreement with the staff in charge, as a note on the Order Details indicating a pre-order item(s);
      • – The rented item(s) is (are) the same item(s) with the same SKU(s) as the purchased item(s);
      • – Client have settled his/her payment in the amount of the purchased item(s) before picking up or having the item(s) shipped;
      • – The displayed stock(s) are returned at the latest 1 (one) week after the event date.
    If the displayed stock(s) are not returned by 1 (one) week after the event date, then the item(s) cannot be exchanged with new stocks and the client agrees to purchase the displayed stock(s) as it is (as they are). Dalam kejadian tertentu di mana klien membeli barang tetapi tidak ada stok baru tersedia untuk tanggal acara, maka klien berhak meminjam dan menggunakan stok pajang yang ada, kemudian menukarnya dengan stok baru setelah tersedia, dengan syarat sebagai berikut:
        • – Kesepakatan tertulis dengan staf yang bertugas, dalam bentuk catatan di Nota Penjualan sebagai barang pre-order;
        • – Barang yang dipinjam merupakan barang yang memiliki SKU/ Unit Penyimpanan Stok yang sama dengan barang yang dibeli;
        • – Klien sudah melunasi pembayaran senilai harga beli sebelum pengambilan atau pengiriman barang pinjaman;
        • – Stok pajang yang dipinjam dikembalikan paling lambat 1 (satu) minggu setelah acara.
    Apabila stok pajang yang dipinjam dikembalikan setelah 1 (satu) minggu setelah acara, maka barang tersebut tidak dapat ditukar dengan stok baru dan klien dianggap setuju membeli barang stok pajang sebagaimana adanya.
RENTAL PERIOD / MASA SEWA
  1. Rental fee is charged per event, with one event counted as maximum 7 (seven) days in conjunction with our pick up/ shipping and return schedule, and not exceeding 1 (one) weekend. Biaya sewa dihitung per acara, dengan 1 (satu) kali acara terhitung maksimal 7 (tujuh hari) sesuai jadwal pengambilan/ pengiriman dan pengembalian yang berlaku, tanpa melebihi 1 (satu) kali akhir pekan.
  2. Our pick up and return schedule for is as follow:
    • Same city, events on weekends (Friday, Saturday, Sunday): pick up starting Wednesday before the event at 13.00 and return before Tuesday after the event at 13.00.
    • Same city, events on weekdays (Monday to Thursday): pick up starting Saturday before the event at 13.00 and return before Friday after the event at 13.00.
    • Inter city, events on weekends (Friday, Saturday, Sunday): shipping on Tuesday before the event at 21.00 and return before Monday after the event using one-night service (TIKI ONS) with insurance.
    • Inter city, events on weekdays (Monday to Thursday): shipping on Friday before the event at 21.00 and return before Thursday after the event using one-night service (TIKI ONS) with insurance.
    Jadwal pengambilan/ pengiriman dan pengembalian barang sewa adalah sebagai berikut:
    • Dalam kota, acara di akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu): pengambilan mulai hari Rabu sebelum acara pukul 13.00 dan pengembalian paling lambat hari Selasa setelah acara pukul 13.00.
    • Dalam kota, acara di hari kerja (Senin hingga Kamis): pengambilan mulai hari Sabtu sebelum acara pukul 13.00 dan pengembalian paling lambat hari Jumat setelah acara pukul 13.00.
    • Luar kota, acara di akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu): pengiriman pada hari Selasa sebelum acara pukul 21.00 dan pengembalian paling lambat hari Senin setelah acara menggunakan kurir ekspres (satu hari tiba) yakni TIKI ONS dengan asuransi.
    • Luar kota, acara di hari kerja (Senin hingga Kamis): pengiriman pada hari Jumat sebelum acara pukul 21.00 dan pengembalian paling lambat hari Kamis setelah acara menggunakan kurir ekspres (satu hari tiba) yakni TIKI ONS dengan asuransi.
  3. Pick up later than the starting time will not result in extension of rental period to become 7 (seven) days after actual pick up time, and is subject to the same regular return schedule. Pengambilan barang melewati jadwal pengambilan awal tidak memperpanjang masa sewa menjadi 7 (tujuh) hari sejak pengambilan oleh Klien dan pengembalian tetap mengikuti jadwal pengembalian seperti biasa.

    Illustration:

    Event on May 28 (Saturday), items can be picked up starting May 25 (Wednesday) at 13.00. Client picks up on May 27 (Friday) at 14.00. Items must be returned before May 31 (Tuesday) at 13.00, NOT June 2 at 14.00.

    Ilustrasi:

    Acara pada tanggal 28 Mei (Sabtu), barang dapat diambil mulai 25 Mei (Rabu) pukul 13.00. Klien melakukan pengambilan pada tanggal 27 Mei (Jumat) pukul 14.00. Maka barang-barang harus dikembalikan paling lambat 31 Mei (Selasa) pukul 13.00, BUKAN 2 Juni pukul 14.00.
RENTAL PERIOD EXTENSION / PERPANJANGAN MASA SEWA Rental period extension is available for the following product categories with additional charge of 10% of rental price per extra weekend:
  1. Accessories
  2. Chinese Accessories
  3. Crown & Hair Jewelry
  4. Hats, Millinery & Veil
Other product categories not mentioned above is not available for rental period extension, for which rental period exceeding our regular terms of 7 (seven) days per event not exceeding 1 (one) weekend will be charged purchase price. Perpanjangan masa sewa tersedia dengan biaya perpanjangan senilai 10% dari harga sewa barang, berlaku untuk kategori produk di bawah ini:
  1. Accessories
  2. Chinese Accessories
  3. Crown & Hair Jewelry
  4. Hats, Millinery & Veil
Masa sewa barang-barang yang tidak termasuk kategori produk di atas tidak dapat diperpanjang. Apabila masa sewa melebihi periode normal yang diizinkan yakni 7 (tujuh) hari per acara tanpa melewati batas 1 (satu) akhir pekan , maka pelanggan akan dikenakan harga beli RENTING OUTSIDE INDONESIA / PENYEWAAN DI LUAR NEGERI For rent outside Indonesia, customer is charged full purchase price upon booking. After the item(s) are returned, the difference between rent and purchase price will be refunded, minus any late or damage fees (if applicable). Untuk penyewaan di luar negeri, pelanggan akan dikenakan harga beli penuh saat pemesanan. Setelah barang-barang dikembalikan, selisih antara harga sewa dan beli akan dikembalikan, dikurangi biaya keterlambatan atau perbaikan (apabila ada). CANCELLATION & CHANGE POLICY / KETENTUAN PEMBATALAN DAN PENGGANTIAN
  1. Down payment is not refundable. Cancellation of booking will result in penalty equal to the amount of down payment. Uang muka tidak dapat dikembalikan. Apabila pesanan dibatalkan, Klien harus membayar penalti sesuai jumlah uang muka.
  2. For ready stock item, Client is allowed to change the item OR date 1x (once) after booking free of charge with prior notification at least 1 (one) month before the original booking date. If Client has changed booking date, then no further item change is allowed. Change of item or date is subject to availability. Untuk barang stok tersedia, Klien diperbolehkan untuk melakukan 1 (satu) kali penggantian barang ATAU tanggal penggunaan secara cuma-cuma dengan pemberitahuan paling lambat 1 (satu) bulan sebelum tanggal acara awal. Apabila Klien sudah melakukan penggantian tanggal acara, maka tidak diperbolehkan untuk mengganti barang lagi. Penggantian barang atau tanggal tergantung ketersediaan.
  3. Change of item(s) within less than 1 (one) month before the booking date will be incurred a penalty in the amount of: Penggantian barang dalam jangka waktu kurang dari 1 (satu) bulan sebelum acara akan dikenakan denda senilai:
    • Less than 1 (one) month up to 1 (one) week before the event: 10% of the original item’s price Kurang dari 1 (satu) bulan hingga 1 (satu) minggu sebelum acara: 10% dari harga barang
    • Less than 1 (one) week before the event: 25% of the original item’s price Kurang dari 1 (satu) minggu sebelum acara: 25% dari harga barang
  4. In the case of change of item(s), discounts given in the original booking will not be applicable for the new booking. Apabila pada pemesanan awal Klien mendapatkan promosi atau diskon, maka tidak berlaku untuk barang pengganti (barang pengganti dikenakan harga normal).

    Illustration:

    Original item price is IDR 5,000,000. In the initial booking, Client gets 5% discount so that the total invoice to be paid is IDR 4,750,000. If Client changes the item, the new item’s price must be at least IDR 5,000,000 and the 5% discount from the initial booking will not be applicable to the new booking.
    • If Client changes the item 2 months before the event, and the new item’s price is IDR 5,000,000 then Client is to pay an additional price difference of IDR 250,000.
    • If Client changes the item 2 weeks before the event, and the new item’s price is IDR 5,000,000 then Client must pay a 10% penalty in the amount of IDR 500,000 + an additional price difference of IDR 250,000.
    • If Client changes the item 4 days before the event, and the new item’s price is IDR 5,000,000 then Client must pay a 25% penalty in the amount of IDR 1,250,000 + an additional price difference of IDR 250,000.

    Ilustrasi:

    Harga barang awal IDR 5,000,000. Dalam pemesanan awal, Klien mendapatkan diskon 5% sehingga total yang harus dibayarkan adalah IDR 4,750,000. Apabila Klien melakukan penggantian barang, maka harga barang pengganti harus seharga IDR 5,000,000 atau lebih dan diskon 5% dari pemesanan awal tidak dapat digunakan untuk barang pengganti.
    • Apabila Klien melakukan penggantian barang 2 bulan sebelum tanggal acara dan harga barang pengganti IDR 5,000,000 maka Klien harus membayar tambahan selisih harga senilai IDR 250,000.
    • Apabila Klien melakukan penggantian barang 2 minggu sebelum tanggal acara dan harga barang pengganti IDR 5,000,000 maka Klien harus membayar penalti senilai 10% dari harga barang awal yakni IDR 500,000 + tambahan selisih harga senilai IDR 250,000.
    • Apabila Klien melakukan penggantian barang 4 hari sebelum tanggal acara dan harga barang pengganti IDR 5,000,000 maka Klien harus membayar penalti senilai 25% dari harga barang awal yakni IDR 1,250,000 + tambahan selisih harga senilai IDR 250,000.
  1. Rental item can only be changed with another rental item. Barang sewa hanya boleh ditukar dengan barang sewa lainnya.
  2. Client is only allowed to change the item to an equally or higher priced item than the initial item’s price (NOT the down payment). If the new item is of lower price, Client must pay the full amount according to the initial item’s price. No refund will be given for the difference in the price. Klien hanya diperbolehkan untuk mengganti barang dengan barang lain dengan harga yang sama atau lebih tinggi dibanding harga barang awal (dinilai dari total harga BUKAN uang muka). Apabila harga barang yang dipilih sebagai pengganti lebih rendah, Klien harus membayar senilai harga barang awal. NOMA tidak dapat memberikan pengembalian dana untuk selisih harga barang awal dan barang pengganti.
  3. Down payment is counted individually per item booked regardless of the total amount. In the case of change of item, the number of new item(s) booked must be the same as or more than initially booked, and each initial down payment can only be used towards 1 (one) new item. Client is not allowed to combine down payments of several items initially booked to pay for less quantity of new item(s), even if the new total amount is higher than the initial total booking amount. Uang muka dihitung per individual barang yang dipesan, bukan total keseluruhan. Apabila terjadi penggantian barang, jumlah barang pengganti harus sama atau lebih dari jumlah barang awal, dan masing-masing uang muka barang awal hanya bisa dialihkan ke 1 (satu) barang pengganti. Klien tidak diperbolehkan menggabungkan uang muka awal dari beberapa barang untuk membayar barang dengan jumlah yang lebih sedikit meskipun total harga yang baru lebih tinggi dari total harga awal.
  4. Change of item is not available for custom order. Untuk barang custom, tidak diperbolehkan mengganti dengan barang yang lain.
  5. Cancellation of custom order after Client receives the design (drawing of any form) will result in penalty in the amount of full price (NOT down payment). Pembatalan untuk pesanan custom setelah Klien menerima gambar desain dalam bentuk apapun akan dikenakan penalti senilai total harga barang (BUKAN uang muka).
  6. Once item(s) are picked up or shipped, no cancellation, change of item(s), or refund will be given regardless whether the item(s) are used. Apabila barang sudah diambil atau dikirim, maka tidak dapat dibatalkan, diganti dengan barang lain, maupun dikembalikan dengan alasan apapun.
  7. Rental item can only be upgraded to purchased item and therefore exchanged with new stock if all the conditions below are fulfilled:
      • – Written agreement between the client and NOMA;
      • – The purchased item and the rental item are the same item (that is, have the same SKU or Stock Keeping Unit);
      • – Client has paid the difference between the rental and purchased price;
      – The rental item has been returned at the latest 1 (one) week after the event.
    If the rental item is returned more than 1 (one) week after the event date, then the item cannot be exchanged with new stock and should the client wishes to proceed with the upgrade, then the client agrees to purchase the item as it is. Client is not permitted to exchange the item with another item after the original item has been picked up or shipped, even when the client wishes to upgrade the new item, regardless of whether the original item has been worn or not. In such circumstances, both items (original and new) will be treated as 2 (two) separate orders, and the client is obligated to pay in full the rental price of the original item and the purchased price of the new item. There will be no credit nor voucher issued whatsoever. Barang yang disewa diperbolehkan diganti menjadi beli serta ditukar dengan stok baru apabila syarat berikut terpenuhi:
      • – Kesepakatan tertulis antara klien dan NOMA;
      • – Barang yang dibeli dan disewa merupakan barang yang sama (yakni memiliki SKU atau Unit Penyimpanan Stok yang sama);
      • – Klien sudah melunasi selisih harga sewa dan beli;
      – Barang yang disewa dikembalikan paling lambat 1 (satu) minggu setelah acara.
    Apabila barang yang disewa dikembalikan setelah 1 (satu) minggu setelah acara, maka barang tersebut tidak dapat ditukar dengan stok baru dan klien dianggap setuju membeli barang stok pajang sebagaimana adanya. Tidak diperbolehkan mengganti model setelah barang sewa diambil atau dikirim, bahkan ketika klien ingin menambah menjadi pembelian, tanpa memandang apakah barang tersebut sudah atau belum dipakai. Dalam kasus demikian, kedua barang akan dianggap sebagai pemesanan terpisah, dan klien berkewajiban untuk membayar secara penuh harga sewa barang yang disewa ditambah harga beli barang yang dibeli, serta tidak akan ada kredit maupun vocer yang akan diberikan dari penyewaan barang sewa.
MAKE UP TRIAL POLICY / KETENTUAN PEMINJAMAN UNTUK TES MAKE UP
  1. Trial is only allowed on Monday-Thursday. Tes hanya diperkenankan pada hari Senin-Kamis.
  2. Trial is only allowed after Client has confirmed booking by paying down payment of 50% (non-refundable) of the lowest rental price per category, which will be considered and treated as regular booking (NOMA do not provide special booking for trial or test only), and will be subject to the same terms and conditions as rental booking. Tes hanya diperkenankan apabila Klien sudah melakukan pemesanan dengan melunasi uang muka sebesar 50% (tidak dapat dikembalikan) dari harga barang terendah per kategori dan akan dianggap dan diperlakukan seperti pemesanan normal (NOMA tidak menyediakan skema pemesanan khusus tes) serta terikat syarat dan ketentuan yang sama dengan penyewaan reguler.
  3. Down payment is not refundable. Cancellation of booking will result in penalty equal to the amount of down payment. Uang muka tidak dapat dikembalikan. Pembatalan akan dikenakan penalti senilai uang muka.
  4. Maximum 2 (two) items allowed per category/ per down payment (e.g. 2 morning hairpieces, 2 crowns, 2 earrings, etc.) Klien diperkenankan membawa maksimal 2 (dua) barang per kategori/ per pembayaran uang muka (contoh 2 aksesoris rambut pagi, 2 mahkota, 2 pasang anting, dsb.)
  5. For make up trial before 12.00 the item(s) can be picked up 1 (one) day before at 21.00 and must be returned on the same day before 14.00. Untuk tes yang dijadwalkan sebelum pukul 12.00 siang, barang dapat diambil 1 (satu) hari sebelumnya pada pukul 21.00 malam dan harus dikembalikan pada hari yang sama sebelum pukul 14.00 siang.
  6. For make up trial after 12.00 the item(s) can be picked up on the same day at 07:00 and must be returned on the same day before 18:00. Untuk tes yang dijadwalkan di atas pukul 12.00 siang, barang dapat diambil pada hari yang sama pada pukul 07.00 pagi dan harus dikembalikan pada hari yang sama sebelum pukul 18.00 sore.
  7. Pick up and return are only allowed by personal driver or instant courier. Make up trial outside city is not allowed. Pengambilan dan pengambilan hanya diperbolehkan menggunakan supir pribadi atau kurir instan. Tes di luar kota tidak diperbolehkan.
  8. The item(s) borrowed are only allowed to be used for make up trial, not pre-wedding/ photoshoot/ event/ etc. Barang-barang yang dipinjam hanya boleh digunakan untuk tes make up, bukan untuk pre-wedding/ pemotretan/ acara, dsb.
  9. Violation of policy will result in full charge of the item price and Client will not be allowed to wear the item(s) again on the booking date (the trial is considered as the event date). Apabila melanggar kebijakan peminjaman tes make up maka akan dikenakan penalti sebesar total harga sewa barang dan Klien tidak diperbolehkan untuk mengambil/ mengenakan barang pada tanggal booking karena dianggap sudah digunakan pada saat tes.
  10. All costs associated including shipping (pick up and return) are to be incurred by Client. Semua biaya terkait tes termasuk pengambilan dan pengembalian merupakan tanggung jawab Klien.
PICK UP & RETURN – SAME CITY / PENGAMBILAN DAN PENGEMBALIAN – DALAM KOTA
  1. For same city area, Client is responsible to pick up the item(s) at and return the item(s) to NOMA studio. Untuk dalam kota, Klien bertanggung jawab untuk mengambil barang di dan mengembalikan barang ke studio NOMA.
  2. Item(s) booked for events on Friday, Saturday, and Sunday can be picked up starting Wednesday (before the event) 13.00 WIB onwards and must be returned before Tuesday (after the event) 13.00 WIB. Barang-barang untuk penyewaan yang jatuh pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu dapat diambil mulai hari Rabu (sebelum acara) pukul 13.00 WIB dan harus dikembalikan sebelum hari Selasa (setelah acara) pukul 13.00 WIB.
  3. Item(s) booked for events on Monday-Thursday can be picked up starting Saturday (before the event) 13.00 WIB onwards and must be returned before Friday (after the event) 13.00 WIB. Barang-barang untuk penyewaan yang jatuh pada hari Senin-Kamis dapat diambil mulai hari Sabtu (sebelum acara) pukul 13.00 WIB dan harus dikembalikan sebelum hari Jumat (setelah acara) pukul 13.00 WIB.
  4. NOMA studio receives pick up and return from 09.00-21.00. No appointment is required for pick up and return during regular schedule. Studio NOMA menerima pengambilan dan pengembalian dari pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam. Tidak diperlukan membuat janji temu untuk pengambilan dan pengembalian yang dilakukan dalam jam kerja normal.
  5. All fees associated with pick up and return are to be incurred by Client. Semua biaya terkait pengambilan dan pengembalian merupakan tanggung jawab Klien.
  6. NOMA is not responsible for the delay, damage, and/or loss that occur during pick up and return. Delay, damage, and/or loss that occur during pick up and return will be incurred to Klien. Pihak NOMA tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerusakan, dan/atau kehilangan yang terjadi dalam rangka pengambilan dan pengembalian. Keterlambatan, kerusakan, dan akan dibebankan kepada Klien.
  7. Should any damage and/or loss occur during pick up and return, Client is responsible to settle the penalty to NOMA by latest 7 (seven) days after booking date. Apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan selama pengambilan dan pengembalian, Klien bertanggung jawab membayarkan penalti ke NOMA paling lambat 7 (tujuh) hari setelah tanggal acara.
  8. NOMA will not make claim for or settle the insurance with the shipping company. It is Client’s sole responsibility to settle any dispute with the shipping company. Pihak NOMA tidak berkewajiban mengajukan atau melakukan klaim asuransi dengan pihak ekspedisi. Segala permasalahan yang timbul akibat pengambilan dan pengembalian dengan pihak ekspedisi menjadi tanggung jawab Klien.
DELIVERY & SHIPPING – INTER CITY / PENGIRIMAN & PENGEMBALIAN – LUAR KOTA
  1. For inter city area, NOMA will ship the item(s) via TIKI using the fastest service available with insurance, paid by Client. Client is responsible to return the item(s) to NOMA studio. Untuk daerah luar kota, pihak NOMA akan mengirimkan barang-barang menggunakan layanan TIKI tercepat dengan asuransi, dengan biaya ditanggung Klien. Klien bertanggung jawab untuk mengembalikan barang-barang sewaan ke studio NOMA.
  2. Item(s) booked for events on Friday, Saturday, and Sunday will be shipped on Tuesday night (before 23.00 WIB) and must be shipped back on Monday (after the event) using TIKI one-night service with insurance. Barang-barang untuk penyewaan yang jatuh pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu akan dikirim hari Selasa malam (sebelum pukul 23.00 WIB) dan harus dikirimkan kembali sebelum hari Senin (setelah acara) menggunakan layanan TIKI tercepat dengan asuransi.
  3. Item(s) booked for events on Monday-Thursday will be shipped on Thursday night (before 23.00 WIB) and must be shipped back 1 (one) day after the event using TIKI one-night service with insurance. Barang-barang untuk penyewaan yang jatuh pada hari Senin-Kamis akan dikirim hari Jumat malam (sebelum pukul 23.00 WIB) dan harus dikirimkan kembali 1 (satu) hari setelah acara menggunakan layanan TIKI tercepat dengan asuransi.
  4. Client is responsible to pack the item(s) securely, in the same way as when received. Klien bertanggung jawab untuk mengemas barang dengan aman dengan cara yang sama dengan ketika menerima barang.
  5. Client is responsible to incur any damage and/or loss penalty along with late return fee should the client choose to use other shipping company aside from what NOMA suggests which is TIKI ONS/TDS. Klien bertanggung jawab untuk menanggung risiko atas segala kerusakan dan/atau kehilangan yang terjadi, serta denda keterlambatan apabila Klien memilih untuk mengembalikan menggunakan ekspedisi selain yang NOMA anjurkan yakni TIKI ONS/TDS.
  6. All fees associated with delivery and return are to be incurred by Client. Segala biaya terkait pengiriman dan pengembalian ditanggung Klien.
  7. NOMA is not responsible for the delay, damage, and/or loss that occur during pick up and return. Delay, damage, and/or loss that occur during pick up and return will be incurred to Klien. Pihak NOMA tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerusakan, dan/atau kehilangan yang terjadi dalam rangka pengambilan dan pengembalian. Keterlambatan, kerusakan, dan akan dibebankan kepada Klien.
  8. Should any damage and/or loss occur during pick up and return, Client is responsible to settle the penalty to NOMA by latest 7 (seven) days after booking date. Apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan selama pengambilan dan pengembalian, Klien bertanggung jawab membayarkan penalti ke NOMA paling lambat 7 (tujuh) hari setelah tanggal acara.
  9. NOMA will not make claim for or settle the insurance with the shipping company. It is Client’s sole responsibility to settle any dispute with the shipping company. Pihak NOMA tidak berkewajiban mengajukan atau melakukan klaim asuransi dengan pihak ekspedisi. Segala permasalahan yang timbul akibat pengambilan dan pengembalian dengan pihak ekspedisi menjadi tanggung jawab Klien.
  10. All complaints due to shipping damages are welcomed as long as they are made within 1×24 hours after the package has been delivered. Client needs to provide an uninterrupted unboxing video from the moment the package is opened until the damage is found, and if the item is purchased with the label still intact. We reserve the right to reject any complains submitted more than 1×24 hours after the delivery time, submitted without an uninterrupted unboxing video, or submitted without the label intact on the item. Kerusakan yang terjadi pada barang selama pengiriman kami terima paling lambat 1 x 24 jam setelah paket diterima, dan harus melampirkan video unboxing yang tidak terputus mulai dari paket yang belum dibuka hingga kerusakan ditemukan, dan dengan catatan dalam kondisi label produk masih utuh untuk barang yang dibeli. Klaim kerusakan yang dilaporkan melebihi 1 x 24 jam setelah paket diterima, atau tanpa melampirkan video unboxing yang tidak terputus dan dengan kondisi label produk sudah tidak utuh, berhak kami tolak.
DELIVERY & SHIPPING – INTERNATIONAL / PENGIRIMAN & PENGEMBALIAN – LUAR NEGERI
  1. International shipping is available by request and is not included in the item price. Pengiriman ke luar negeri tersedia sesuai permintaan dan tidak termasuk dalam harga barang.
  2. Our preferred shipping partners for international shipping are TLX, DHL, and SF Express. Perusahaan logistik yang kami rekomendasikan untuk pengiriman internasional adalah TLX, DHL, dan SF Express.
PENALTY / DENDA
  1. Client is responsible for the damage and/or loss that occur during wear, including the item(s) and packaging, which will be charged according to this list: Apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan saat pemakaian, baik pada barang sewaan maupun kotak pembungkus, akan dikenakan biaya perbaikan senilai:
WEDDING CROWN / MAHKOTA PERNIKAHAN
Dirty / Kotor 300k cleaning fee / biaya pembersihan
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
HEADBAND CROWN / BANDO MAHKOTA
Dirty / Kotor 200k cleaning fee / biaya pembersihan
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken or Missing Charms / Hiasan Rusak atau Hilang 500k reparation fee / biaya reparasi + 100k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
JEWELRY / PERHIASAN
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
ACCESSORIES / AKSESORIS
Missing Stones / Batu Hilang 50k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
FAN / KIPAS
Missing or Broken Charms / Hiasan Lepas atau Rusak 100k/pcs
Missing Stones / Batu Hilang 50k/pcs
Broken Handle / Gagang Patah atau Rusak According to buy value / sama dengan harga beli
MILLINERY AND HAT / TOPI
Dirty / Kotor 200k laundry fee / biaya cuci
Mishapen / Penyok atau Berubah Bentuk According to buy value / sama dengan harga beli
CLAY FLOWER / BUNGA KERAMIK
Dirty / Kotor According to buy value / sama dengan harga beli
Damaged or Broken / Rusak atau Pecah According to buy value / sama dengan harga beli
2. Client is responsible for the damage and/or loss that occur during shipping (delivery and return), including the item(s) and packaging. If package is not insured, Client is liable to pay the fee(s) associated with damage and/or loss during shipping, which will be charged according to this list: Pihak NOMA tidak bertanggung jawab apabila Klien tidak mengasuransikan barang saat mengembalikan. Apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan saat pengiriman dan pengembalian, baik pada barang sewaan maupun kotak, akan dikenakan biaya perbaikan senilai: WEDDING CROWN / MAHKOTA PERNIKAHAN
Dirty / Kotor 300k cleaning fee / biaya pembersihan
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
HEADBAND CROWN / BANDO MAHKOTA
Dirty / Kotor 200k cleaning fee / biaya pembersihan
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken or Missing Charms / Hiasan Rusak atau Hilang 500k reparation fee / biaya reparasi + 100k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
JEWELRY / PERHIASAN
Missing Stones (Small <=2 mm) / Batu Hilang (Kecil <-=2mm) 50k/pcs
Missing Stones (Medium 2-5 mm) / Batu Hilang (Sedang 2-5 mm) 75k/pcs
Missing Stones (Large 6-8 mm) / Batu Hilang (Besar 6-8 mm) 100k/pcs
Missing Stones (Extra Large >8 mm) / Batu Hilang (Sangat Besar <8 mm) 250k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
ACCESSORIES / AKSESORIS
Missing Stones / Batu Hilang 50k/pcs
Broken / Patah According to buy value / sama dengan harga beli
FAN / KIPAS
Missing or Broken Charms / Hiasan Lepas atau Rusak 100k/pcs
Missing Stones / Batu Hilang 50k/pcs
Broken Handle / Gagang Patah atau Rusak According to buy value / sama dengan harga beli
MILLINERY AND HAT / TOPI
Dirty / Kotor 200k laundry fee / biaya cuci
Mishapen / Penyok atau Berubah Bentuk According to buy value / sama dengan harga beli
CLAY FLOWER / BUNGA KERAMIK
Dirty / Kotor According to buy value / sama dengan harga beli
Damaged or Broken / Rusak atau Pecah According to buy value / sama dengan harga beli
3. In case of late return, Client will be subjected to late return fee, which will be charged according to this list:
  • In case of late return that affects next booking and schedule, there will be a penalty in the amount of 100% extra rent charge
  • Else, 10% of rent price per day
*For inter city, late return fee will be calculated up to shipping date on AWB ONLY when Client ships using the fastest delivery method by TIKI. If not then late return fee will be calculated up to the date the item is received and delivered to NOMA studio.

Illustration:

Example 1 Booking in Medan which must be returned before 14 Dec, with total rent value IDR 1,500,000. Package is shipped on 16 Dec using TIKI ONS (fastest service), delivered to NOMAstudio on 17 Dec. Late return fee = 2 days * 10% per day * rent value IDR 1,500,000 = IDR 300,000. Example 2 Booking in Medan which must be returned before 14 Dec, with total rent value IDR 1,500,000. Package is shipped on 16 Dec using TIKI REG, delivered to NOMA studio on 19 Dec. Late return fee = 5 days * 10% per day * rent value IDR 1,500,000 = IDR 750,000. Apabila terjadi keterlambatan pengembalian, maka akan dikenakan denda keterlambatan senilai:
  • Apabila keterlambatan mempengaruhi jadwal dan reservasi selanjutnya, maka akan dikenakan denda tambahan senilai 100% harga sewa
  • Apabila tidak, denda senilai 10% dari harga sewa per hari
*Untuk Klien di luar kota, denda keterlambatan pengembalian dihitung hingga tanggal pengiriman yang tertera pada nomor resi HANYA apabila Klien menggunakan layanan pengiriman tercepat dengan TIKI. Apabila tidak, maka denda keterlambatan pengembalian akan dihitung hingga barang diterima dan diantarkan ke studio NOMA.

Ilustrasi:

Contoh 1 Acara di Medan dan harus dikembalikan sebelum tanggal 14 Desember, dengan total harga sewa senilai IDR 1,500,000. Barang dikirim tanggal 16 Desember menggunakan layanan ONS (tercepat untuk Medan-Jakarta), diantarkan kurir ke studio pada tanggal 17 Desember. Maka denda keterlambatan = 2 hari * 10% per hari * total harga sewa IDR 1,500,000 = IDR 300,000. Contoh 2 Acara di Medan dan harus dikembalikan sebelum tanggal 14 Desember, dengan total harga sewa senilai IDR 1,500,000. Barang dikirim tanggal 16 Desember menggunakan layanan TIKI REG, diantarkan kurir ke studio pada tanggal 19 Desember. Maka denda keterlambatan = 5 hari * 10% per hari * total harga sewa IDR 1,500,000 = IDR 750,000. INTELLECTUAL PROPERTY / HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
  1. All the items booked and rented are considered as properties of NOMA, NOT of Client’s, and must be treated with respect as such. Semua barang yang dipesan dan disewa merupakan properti milik NOMA, BUKAN milik Klien, dan harus diperlakukan dengan baik dan hormat sebagaimana semestinya.
  2. Only the Client whose name is stated on Customer Data Rent is allowed to use the item(s) booked for personal use only. Client is not allowed to use the item(s) for monetization, including but not limited to renting to another party. Violation of this policy is considered a serious offense to NOMA brand and will be subject to penalty in the amount of 300% of the rental price. Hanya Klien yang namanya tertera pada Customer Data Rent yang diperbolehkan untuk menggunakan barang sewaan. Penggunaan barang sewa hanya untuk tujuan personal. Klien dilarang menggunakan barang sewaan untuk tujuan monetisasi dan/atau tujuan mendapatkan keuntungan, meliputi tetapi tidak terbatas pada menyewakan barang ke pihak lain. Pelanggaran kebijakan ini merupakan kejahatan serius terhadap merk dagang NOMA dan akan dikenakan denda 300% dari nilai harga sewa barang.
  3. Client is not allowed to act on behalf of NOMA’s brand. Any action(s) taken by Client is solely of personal nature and is his/her own responsibility. It is not a representation of NOMA’s brand. NOMA will not be held responsible against Client’s action(s) or speech that is related to NOMA. Klien tidak diperkenankan bertindak atas nama NOMA. Semua tindakan yang dilakukan Klien dianggap sebagai perilaku personal dan merupakan tanggung jawab Klien, dan TIDAK merepresentasikan merk NOMA. NOMA tidak bertanggung jawab atas tindakan dan/atau perkataan Klien yang berkaitan dengan NOMA.
  4. Client, along with the pointed third party whomsoever, is not allowed to duplicate and/or copy parts of and/or whole NOMA products including but not limited to the design. Violation will be subject to local prevailing law of intellectual property. Klien, termasuk pihak ketiga yang ditunjuk apabila ada, dilarang membuat duplikat dan/atau salinan dari produk NOMA baik sebagian maupun seutuhnya, meliputi tetapi tidak terbatas pada desain produk. Pelanggaran kebijakan ini akan ditindak sesuai hukum yang berlaku atas hak kekayaan intelektual.
  5. Client, along with the pointed third party whomsoever, is not allowed to imitate parts of and/or whole NOMA products including but not limited to the design. Violation will be subject to local prevailing law of intellectual property. Klien, termasuk pihak ketiga yang ditunjuk apabila ada, dilarang membuat imitasi dari dan/atau produk yang mirip dengan produk NOMA baik sebagian maupun seutuhnya, meliputi tetapi tidak terbatas pada desain produk. Pelanggaran kebijakan ini akan ditindak sesuai hukum yang berlaku atas hak kekayaan intelektual.
  6. NOMA reserves the rights to use Client’s photos, videos, and related media for marketing and commercial purposes. NOMA berhak menggunakan foto, video, dan media sejenis milik Klien untuk tujuan pemasaran dan komersil.
FORCE MAJEUR / KEJADIAN DI LUAR DUGAAN
  1. Down payment is not refundable in any case, including Force Majeur, except in the case which prevents NOMA from completing Client’s order. Uang muka tidak dapat dikembalikan dalam situasi apapun, termasuk dalam kejadian di luar dugaan, kecuali pada kasus di mana NOMA tidak dapat menyelesaikan pemesanan Klien.
  2. In the case of Force Majeur which prevents NOMA from completing Client’s order, including but not limited to loss or damage to the item(s) due to previous booking causing the item(s) unavailable to be rented afterwards, or natural disasters, epidemics, etc. NOMA reserves the right to cancel Client’s booking and give the options to fully refund the down payment or change to another item (Client is to incur the extra charge if the new item is of higher price). Apabila terjadi hal-hal di luar dugaan yang menyebabkan pihak NOMA tidak dapat menyelesaikan pemesanan Klien, termasuk tapi tidak terbatas pada kehilangan atau kerusakan barang pesanan akibat pemakaian sebelumnya yang menyebabkan barang pesanan tidak dapat digunakan setelahnya, atau bencana alam, wabah, dan sebagainya, NOMA berhak membatalkan pesanan Klien dan memberikan pilihan untuk mengembalikan penuh uang muka atau mengganti dengan barang lain (Klien wajib membayarkan selisih harga apabila harga sewa barang pengganti lebih mahal dari barang awal).
GENERAL / KETENTUAN UMUM
  1. Client is responsible to read carefully and check the terms and conditions of rent before booking. NOMA will not be responsible for Client who has not read NOMA terms and conditions which results in violation of policy. Klien bertanggung jawab untuk membaca dengan seksama semua syarat dan ketentuan penyewaan sebelum melakukan pemesanan. Pihak NOMA tidak bertanggung jawab apabila Klien tidak membaca syarat dan ketentuan penyewaan yang mengakibatkan pelanggaran kebijakan penyewaan.
  2. By booking, Client accepts and agrees to our terms and conditions. NOMA reserves the right to publish the Client’s full name in the case of violation of policy. Dengan menyewa, Klien menerima dan setuju dengan syarat dan ketentuan NOMA. NOMA berhak memberitakan nama lengkap Klien yang melakukan pelanggaran kebijakan.
  3. Client is responsible to check the items ordered as stated on order details and invoice. If there is any discrepancy, Client is allowed to revise the details maximum 3 (three) days after NOMA sends the details, after which all sales and bookings are considered final and cannot be revised or changed with any reason whatsoever. Klien bertanggung jawab untuk memeriksa barang-barang yang dipesan sesuai yang tertera dalam detail pemesanan dan bon. Apabila ada ketidaksesuaian, Klien diperbolehkan untuk merevisi dalam kurun waktu paling lambat 3 (tiga) hari sejak pengiriman detail pemesanan dan bon oleh NOMA. Setelah melewati jangka waktu tersebut, maka semua pemesanan dan pembelian dianggap sudah sah, final, dan tidak dapat diganti atau dibatalkan dengan alasan apapun.
  4. NOMA is not responsible for any correspondences that occur outside official NOMA communication channels: Whatsapp: +6282223330048 Instagram: @noma_id @noma_semarang Facebook: NOMA Jewelry & Accessories E-mail: contact@noma.id and invoice@noma.id If there is anyone contacting you on behalf of NOMA using communication methods outside the ones mentioned above, please report to NOMA immediately. NOMA tidak bertanggung jawab untuk korespondensi dan komunikasi yang terjadi di luar kontak resmi NOMA sebagaimana tertera di bawah ini: Whatsapp: +6282223330048 Instagram: @noma_id @noma_semarang Facebook: NOMA Jewelry & Accessories E-mail: contact@noma.id dan invoice@noma.id Apabila ada pihak lain yang menghubungi Anda dengan mengatasnamakan NOMA dengan kontak selain yang disebutkan di atas sebagai kontak resmi NOMA, harap segera laporkan ke NOMA.
  5. NOMA does not accept verbal communication as a basis for overruling NOMA’s existing terms and conditions and other generally applicable rules and/or agreements beyond business-as-usual. NOMA only acknowledges written communication and requires written proof before proceeding. NOMA tidak menerima percakapan lisan sebagai dasar perubahan maupun kesepakatan di luar syarat dan ketentuan serta aturan yang umum berlaku. Semua perubahan maupun kesepakatan harus disertai dengan bukti tertulis agar mendapat pengesahan.
  6. NOMA official communication channels do not include a voice call center either through cellular and local number or voice-over-internet-protocols (VoIPs) including but not limited to Whatsapp Call and such, therefore all official communications are to be conducted via written communication channels. Kontak resmi NOMA tidak memiliki saluran telepon baik melalui nomor ponsel dan PSTN maupun melalui panggilan internet seperti tetapi tidak terbatas kepada Whatsapp Call dan sebagainya. Oleh karena itu, seluruh komunikasi resmi antara NOMA dan Klien wajib dilakukan melalui korespondensi tertulis.
  7. In the case of dispute, NOMA’s interpretation and decision prevail. Apabila terjadi sengketa, interpretasi dan keputusan NOMA berlaku.
Close My Cart
Close Wishlist
Close Recently Viewed
Close
Close
Categories